Minggu, 23 September 2012

Pembuatan Alat Destilasi Sederhana


Pembuatan Alat Destilasi Sederhana

Tujuan
Dapat menciptakan alat destilasi sederhana

Landasan Teori 
Destilasi merupakan salah satu topik mata pelajaran kimia yang telah di pelajari dari sekolah menengah atas. Destilasi adalah seni memisahkan dan pemurnian dengan menggunakan perbedaan titik didih. Di zaman dulu, destilasi digunakan untuk mendapatkan ekstrak tumbuhan yang diperkirakan dapat sebagai sumber kehidupan. Teknik destilasi kemudian ditingkatkan ketika kondensor (pendingin) diperkenalkan. Dalam kehidupan sehari-hari, prinsip destilasi dapat digunakan dalam pembuatan minyak kayu putih, penyulingan air besih, dan pemisahan bio etanol dari campurannya.

Alat dan Bahan
Alat
Gergaji besi
Lem besi
Bor kecil
Cutter
Pemanas
Pompa akuarium

Bahan
Pipa bekas berdiameter 2,5 inchi
Selang berdiameter 1,4 inchi
Selang akuarium
Sandal jepit bekas
Tongkat pel bekas
Dua buah kaleng bekas
Ember
Lakban.


Cara Kerja
  1. Pipa ukuran 2,5 inchi dipotong sepanjang 30 cm dengan gergaji pemotong.
  2. Pipa tersebut kemudian dibolongkan dengan bor kecil pada bagian kiri atas dan kanan bawah sesuai dengan ukuran selang akuarium.
  3. Dua buah sandal bekas dipotong membentuk lingkaran sesuai dengan ukuran diameter pipa yaitu 2,5 inchi.
  4. Pada bagian tengah sandal yang telah dipotong kemudian dilubangi sesuai dengan ukuran diameter selang yang berukuran 1,4 inchi.
  5. Sandal jepit yang telah dipotong dan dilubangi tersebut kemudian dimasukkan kedalam pipa agar menutupi kedua sisi pipa yang terbuka.
  6. Tongkat pel bekas dipotong dengan menggunakan gergaji besi sepanjang 35 cm.
  7. Tongkat tersebut kemudian dimasukkan kedalam pipa yang telah ditutupi oleh sandal jepit bekas melalui lubang yang telah dibuat di tengah-tengah sandalnya.
  8. Selang dipotong menjadi dua bagian dengan masing-masing sepanjang 20cm.
  9. Dua tutup kaleng bekas dilubangi sesuai dengan ukuran diameter selang. 
  10. Salah satu ujung kedua selang dihubungkan dengan ujung tongkat pel bekas, sedangkan ujungnya yang lain dimasukkan kedalam dua tutup kaleng bekas yang telah dilubangi. Jangan lupa direkatkan dengan lem besi agar tidak terlepas.
  11. Selang akuarium dihubungkan dengan lubang yang telah dibuat pada pipa bekas. Salah satu selang dihubungkan dengan pompa akuarium dan selang yang lain dimasukkan kedalam ember yang berisi air dengan guna untuk proses pendinginan pada saat proses destilasi berlangsung.

Alat Destilasi Sederhana

Pembahasan
Pada proses pembuatan alat destilasi sederhana ini ada beberapa kesulitan yaitu pada bagian pendinginnya karena sering terjadi pembocoran air yang keluar dari celah sendal bekas yang tidak tertutup rapat, oleh karena itu di butuhkan banyak lem untuk menghindari air yang keluar dri celah sendal jepit tersebut.




1 komentar: